Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden China Mulai Kunjungan Resmi ke Amerika Serikat

Kompas.com - 07/06/2013, 17:33 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping telah tiba di California, AS, Jumat (7/6/2013), untuk menghadiri pertemuan puncak dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Kedua pemimpin akan mengadakan pertemuan selama dua hari di perkebunan swasta dekat Palm Springs.

Xi Jinping dan Barack Obama diperkirakan akan membahas sejumlah hal, di antaranya spionase dunia maya, ketegangan terkait program nuklir Korea Utara, keamanan kawasan Asia dan perdagangan.

Agenda lain diperkirakan menyangkut kekhawatiran China akan peningkatan kekuatan militer Amerika di kawasan Pasifik.

Amerika Serikat belakangan menyerukan kepada China untuk mengekang para peretas militer dan peretas-peretas lain yang diduga mencuri teknologi dan rahasia bisnis dalama skala yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

Sejumlah anggota parlemen AS dan organisasi hak asasi manusia menyerukan kepada Presiden Obama untuk meminta pembebasan 16 tahanan terkenal, termasuk pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Liu Xiaobo.

Pemilihan lokasi pertemuan informal di dekat Palm Springs dinilai sebagai bagian dari upaya kedua pemimpin untuk membangunan hubungan pribadi di tengah persaingan kedua negara.

Kunjungan Presiden China Xi Jinping ke Amerika diadakan setelah lawatannya ke Trinidad dan Tobago, Kosta Rika dan Meksiko. Ia ditemani oleh istrinya Peng Liyuan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com