Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etnis Tuareg Usir Etnis Berkulit Lebih Hitam

Kompas.com - 04/06/2013, 08:42 WIB
Pieter P Gero

Penulis

BAMAKO, KOMPAS.COM — Penduduk berkulit hitam di kota Kidal, kota di wilayah Mali utara, kini tegang dan prihatin. Pasalnya, para pemberontak dari kelompok etnis Tuareg yang berkulit lebih putih berniat mengusir penduduk Kidal yang berkulit lebih hitam dari kota Kidal yang kini dikuasai mereka.

Kantor berita AP, Senin (3/6/2013) melaporkan, Mali di kawasan Afrika utara selama ini mengalami perpecahan rasial yang disebabkan garis geografis. Etnis Tuareg yang selama ini mengklaim bahwa bagian utara Mali merupakan tanah air tradisional mereka, telah mengangkat senjata dengan tuntutan ganda berkaitan dengan keinginan memperoleh hak yang lebih besar di kawasan itu.

Tahun lalu, Gerakan Nasional bagi Pembebasan Azawad atau dikenal dengan NMLA yang didominasi Tuareg melancarkan pemberontakan dan menguasai setengah dari wilayah utara Mali. Dan kini mereka menguasai kota Kidal.

Ali Cissea, seorang penduduk Kidal yang berkulit hitam menegaskan, NMLA telah mengeluarkan pernyataan pada hari Senin lewat radio yang mengatakan semua warga kulit hitam yang tidak dikenal sebagai warga lama di Kidal akan diusir ke wilayah Mali selatan. Aksi ini akan menimbulkan gelombang eksodus warga Kidal dengan berbagai konsekuensi sosial dan ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com