Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Myanmar Sudah Tangkap 25 Orang

Kompas.com - 30/05/2013, 17:09 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -  Sampai saat ini, polisi Myanmar sudah menangkap 25 orang terkait kerusuhan dua hari berturut-turut di Lashio, Negara Bagian Shan di Utara Myanmar. Insiden kekerasan itu, tulis Xinhua pada Jumat (30/5/2013), sudah menewaskan satu orang dan melukai lima lainnya.

Polisi Lashio menjelaskan tiga di antara 25 orang tersebut adalah warga Lashio. Sementara, polisi menutup semua jalur masuk ke Lashio untuk mendeteksi kehadiran orang di luar kawasan itu yang diduga memperkeruh kerusuhan.

Sampai dengan Kamis pagi, kondisi Lashio makin membaik. Meski, gerombolan massa masih berupaya membakar rumah seorang warga Muslim.  

Catatan menunjukkan, dalam kerusuhan itu, 5 rumah penduduk, 3 masjid, 1 bioskop, 4 gudang, 32 toko, 2 kendaraan, dan 11 sepeda motor dibakar atau dirusakkan.  

Menurut versi polisi, kerusuhan mulai terjadi pada Selasa (28/5/2013) siang. Kala itu, seorang perempuan penjual bensin dibakar dengan siraman bensin hingga terluka. Tersangka pelaku seorang pria dari Kengtung, di wilayah Lashio. "Waktu ditangkap polisi menemukan obat perangsang dari tersangka,"kata pernyataan polisi.

Warga yang marah mengepung kantor polisi dan menuntut agar pelaku dikeluarkan dari penjara polisi. Tampaknya, massa akan menghakimi sendiri pelaku itu.

Lantaran permintaan mereka tak dikabulkan, massa lalu bertindak anarkis. Kerusuhan sempat tak terelakkan sebelum akhirnya pihak keamanan bertindak tegas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com