Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teh dan Biskuit Batalkan Demonstrasi Anti-Islam

Kompas.com - 29/05/2013, 18:50 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Sebuah masjid di York, di Inggris utara, dipuji setelah menawarkan teh dan biskuit kepada para pendukung kelompok kanan English Defence League (EDL), yang awalnya berencana menggelar unjuk rasa anti-Islam.

Sekitar enam anggota EDL muncul di luar masjid tersebut pada hari Minggu (26/5/2013). Pengurus masjid lalu menawari mereka teh dan setelah itu mereka bermain sepak bola bersama jemaah masjid.

Uskup Agung York, John Sentanu, menyebut keputusan pengurus masjid tersebut "fantastik".

"Teh, biskuit, dan sepak bola adalah kombinasi khas ala Yorkshire. Ini cara ampuh untuk menghadapi pandangan yang keras dan ekstrem," kata Sentanu.

Pendeta Tim Jones, seorang pengurus gereja, mengatakan, "Saya tahu mereka (pengurus dan jemaah masjid) adalah orang-orang yang cerdas."

"Ini juga menunjukkan mereka orang-orang yang berani dan memiliki standar moral yang tinggi," ujar Pendeta Jones.

"Saya kira dunia bisa belajar dari apa yang terjadi di masjid ini," katanya.

Sempat muncul kekhawatiran akan terjadi bentrok ketika para pendukung EDL setempat menyerukan demonstrasi di luar masjid.

Seruan yang disebar melalui Facebook ini dikeluarkan hanya beberapa hari setelah seorang tentara Inggris tewas dibunuh di daerah Woolwich di London.

Imam Abid Salik, pengurus masjid York, mengatakan, ia memang sengaja mengundang masuk para pendukung EDL ke dalam masjid.

"Jemaah datang membawa teh dan biskuit. Mereka mengobrol selama 30 hingga 40 menit dan kemudian mereka masuk. Ini kejadian yang sungguh indah," kata Imam Salik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com