Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan "Drone" AS di Pakistan Tewaskan 6 Orang

Kompas.com - 29/05/2013, 14:53 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com — Serangan pesawat tanpa awak atau drone AS, Rabu (29/5/2013), menewaskan sedikitnya enam tersangka anggota militan di desa Chashma, dekat kota Miranshah, Waziristan Utara, yang merupakan basis Taliban dan Al Qaeda di dekat perbatasan Afganistan.

Dalam serangan drone pertama sejak Presiden Barack Obama memaparkan rambu-rambu baru untuk taktik kontroversial ini, seorang komandan senior Taliban dikabarkan menjadi salah seorang di antara korban tewas.

"Setidaknya, enam militan tewas dan dua lainnya terluka," kata seorang pejabat keamanan di Miranshah.

Seorang warga Miranshah mengatakan, dia melihat sejumlah anggota kelompok militan membawa enam peti mati dalam sejumlah kendaraan dan membawanya ke desa Chashma, sekitar dua kilometer sebelah timur Miranshah.

Warga Pakistan menentang penggunaan drone dan pemerintah negeri itu mengganggap penggunaan drone ilegal dan melanggar kedaulatan Pakistan. Namun, Washington menilai penggunaan drone sangat efektif dalam memberantas para pimpinan Taliban dan Al Qaeda.

Pekan lalu, Obama mempertahankan legalitas serangan drone yang dikendalikan CIA, yang sudah digelar sejak 2004 di Pakistan.
Operasi drone ini semakin sering digelar di masa pemerintahan Barack Obama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com