Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Kalung Senilai 2 Juta Euro Hilang di Tengah Festival Film Cannes

Kompas.com - 24/05/2013, 08:28 WIB

CANNES, KOMPAS.com - Lagi-lagi sebuah pencurian terjadi di tengah semarak Festival Film Cannes, Perancis, Kamis (23/5/2013). Kali ini, sebuah kalung seharga 2 juta euro dicuri.

Pencurian ini menjadi yang kedua, di tengah hajatan festival. Pemilik kalung, Jeweler de Gisogono mengatakan dalam sejarah 20 tahun perusahaan, baru sekarang mengalami pencurian koleksi perhiasan mereka. Perusahaan mengatakan nilai kalung yang dicuri adalah 2 juta euro, setara 2,6 juta dollar AS atau sekitar Rp 25 miliar. Menurut De Grisogono, 80 petugas keamanan sudah disiagakan di Hotel Cap Eden Roc di Cap d'Antibes, sebelah timur dari Cannes, tempat perhiasan berada.

Kepolisian Nice, Prancis, membenarkan adanya pencurian tetapi menyatakan nilai jual kalung hanya sekitar 1 juta euro, setara 1,3 juta dollar AS atau sekitar Rp 12 miliar. Sedangkan Kepolisian di Cap d'Antibes, kota resor mewah di mana pesta diadakan, juga bahkan hanya menaksir kalung yang hilang berharga 1 juta dollar AS, atau "hanya" 773 ribu euro, sekitar Rp 9,8 miliar.

Pencurian sebelumnya

Sebelumnya, Jumat (17/5/2013), Kepolisian Nice menyatakan perhiasan senilai lebih dari 1 juta dollar AS milik perusahaan perhiasan Chopard dari Swiss telah dicuri dari kamar hotel di Cannes. Belakangan Chopard menyatakan nilai perhiasan yang hilang jauh lebih rendah dibandingkan yang telah dilansir di media massa. Pencurian perhiasan Chopard terjadi pada Kamis (16/5/2013), atau hari kedua festival yang dijadwalkan berlangsung sampai 26 Mei 2013.

Komandan Bernard Mascarelli dari Kepolisian Nice mengatakan perhiasan itu dicuri dari sebuah kamar di Suite Novotel hotel di Boulevard Carnot di Cannes. Dia mengatakan seorang pegawai Chopard meninggalkan kamar itu selama beberapa jam untuk makan malam. Ketika pegawai tersebut kembali, lanjut Mascarelli, dia mendapatkan seluruh tempat penyimpanan perhiasan sudah terbuka dan isinya lenyap.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com