Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angela Merkel, Perempuan Paling Berpengaruh Versi "Forbes"

Kompas.com - 22/05/2013, 19:54 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Majalah Forbes, Rabu (22/5/2013), memilih Kanselir Jerman Angela Merkel menjadi sosok perempuan paling berpengaruh di dunia. Ini adalah kali ketiga Merkel mendapatkan gelar tersebut.

Peringkat kedua ditempati Presiden Brasil Dilma Rousseff, lalu Melinda Gates—salah seorang Ketua Yayasan Bill dan Melinda Gates.

Selanjutnya, Forbes menempatkan ibu negara AS Michelle Obama di peringkat keempat dan mantan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton di peringkat lima besar.

"Daftar tahunan ini memuat perempuan paling berpengaruh dalam politik global, bisnis, media, hiburan, teknologi, dan kegiatan sosial," demikian pernyataan Forbes.

"Kami menilainya berdasarkan kekayaan, penampilan di media, dan pengaruh mereka," tambah majalah ekonomi itu.

"Munculnya sejumlah pribadi dan pengusaha dalam daftar perempuan berpengaruh tahun ini merupakan tren yang menggembirakan saat kami merayakan 10 tahun memublikasikan daftar ini," kata Moira Forbes, presiden dan penerbit ForbesWoman.

"Dari Singapura ke Arab Saudi, dari Inggris ke Amerika Serikat, ke 100 perempuan dalam daftar kami memang memiliki pengaruh besar untuk dunia ini," tambah Moira.

Selain para perempuan politisi, para perempuan pebisnis juga menempati posisi terhormat dalam daftar ini.

Para pebisnis itu antara lain CEO Hewlett-Packard Meg Whitman (No 15), CEO Facebook Sheryl Sandberg (No 6), dan CEO Yahoo! Marissa Mayer (No 32).

Sebanyak 24 CEO perempuan masuk ke dalam daftar Forbes kali ini. Mereka memimpin perusahaan dengan total pendapatan mencapai 983 miliar dollar AS pada 2012.

Sementara delapan kepala negara dalam daftar ini memimpin negara dengan total GDP 9,9 triliun dollar AS.

Salah satu pengaruh lain para perempuan ini ialah jika ditotal, akun Twitter ke 100 perempuan hebat ini memiliki pengikut lebih dari 153 juta orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com