Badak Putih Langka Lahir di Australia - Kompas.com

Badak Putih Langka Lahir di Australia

L Sastra Wijaya
Kompas.com - 21/05/2013, 16:53 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Seekor badak putih jantan lahir minggu lalu di Kebun Binatang Taronga Western Plains Zoo di Negara Bagian New South Wales, Australia.

Kehadiran badak putih ini disambut gembira karena tahun lalu empat badak mati di kebun binatang itu karena sakit yang tidak jelas.

Badak putih yang belum diberi nama ini lahir hari Selasa minggu lalu dan sekarang beratnya sudah mencapai 50 kg. Pada Februari lalu, kebun binatang yang terletak sekitar 400 kilometer dari Sydney tersebut mendapatkan seekor badak betina, tetapi induk dari badak putih ini adalah salah satu betina yang selamat dari kematian 15 bulan lalu.

"Kami tentu saja sangat gembira mendapatkan badak putih jantan ini, anak pertama dari badak betina Mopani," kata manajer kebun binatang Tarango, Matt Fuller, seperti dilaporkan ABC, Selasa (21/5/2013).

"Ini tidak saja merupakan keberhasilan para pengasuh dan bagi pengembangan badak putih di sini, tetapi ini juga pertanda adanya harapan, yang diharapkan bisa menghentikan keadaan yang menyedihkan di lapangan. Badak liar diburu karena besarnya permintaan cula badak dari negara-negara Asia," kata Fuller lagi.

Induk dari badak putih ini adalah Mopani yang sudah berada di kebun binatang tersebut sejak 2010, dan tahun lalu ketika jatuh sakit bersama empat badak betina lainnya sedang mengandung.

Pengasuh badak putih senior di kebun binatang itu, Pascale Benoit, mengatakan, kelahiran badak putih ini bisa disebut sebagai "mukjizat kecil" karena sakit yang diderita Mopani. "Keberhasilannya mengatasi penyakit dan melahirkan anak yang sehat mengesankan dan boleh disebut tak terduga," kata Benoit.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, ada kekhawatiran di kalangan pencinta binatang bahwa badak liar di Afrika terancam punah karena tingginya angka perburuan.

"Kita mendekati titik di mana tingginya perburuan menyebabkan tidak ada lagi badak yang lahir di tempat bukan penangkaran," kata Matt Fuller.

Menurut Matt Fuller, tahun ini saja sekitar 320 badak dibunuh oleh pemburu di Afrika Selatan.

PenulisL Sastra Wijaya
EditorAgus Mulyadi
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM