Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Internet di Iran 'Koma'

Kompas.com - 19/05/2013, 15:10 WIB

Pemerintah Iran memperketat sensornya terhadap saluran internet di negara itu menjelang pemilu bulan depan. Pemilu yang sama sebelumnya diwarnai berbagai aksi protes terhadap jalannya pemilu yang diklaim curang dan bentrokan warga dan aparat yang tersebar ke seluruh penjuru dunia berkat pemberitaan dari internet yang diselundupkan dari Iran.

Kali ini aparat pemerintah membantah melakukan penyensoran namun tak menjelaskan kenapa layanan internet menjadi sangat lambat.

Jaringan pebisnis, bank bahkan organisasi di bawah pemerintah tak luput dari dampak gangguan internet ini, tulis media lokal seperti dikutip kantor berita AFP.

"Internet sedang dalam kondisi koma," tulis koran Ghanoon dalam laporannya awal bulan ini. "(Keadaan seperti) ini hanya terjadi di Iran: pemilu datang, internet hengkang," tulis koran itu dalam kicauannya di twitter meniru pepatah dalam bahasa Parsi.

Majelis Tinggi 'bertanggung jawab'

Facebook, Twitter, YouTube serta berbagai situs obrolan dan sosial lain, termasuk ribuan situs asal negara Barat, menjadi sasaran sensor di Iran sejak aksi demo besar-besaran di jalanan pasca pemilu dan terpilihnya kembali Presiden Mahmoud Ahmadinejad tahun 2009.

Aksi-aksi tersebut, umumnya diwarnai dengan aksi keras aparat yang berakibat pada penangkapan dan bahkan tewasnya korban, menjadi berita utama di dunia melalui jaringan internet.

Kini menurut pengamat aparat mencoba mencegah situasi kembali terulang dengan menghentikan laju informasi dengan melambatkan layanan internet.

Kecepatan untuk membuka email sangat berkurang, apalagi untuk mengunduh file bermateri besar.

"Lupakan niat mengundung file, pita lebar (bandwith)nya turun tiap saat," maki seorang penjual cakram rekam bajakan di Tehran.

Seorang teknisi senior di sebuah perusahaan penyedia layanan jaringan internet di Tehran mengatakan perusahaannya juga tak bisa menyampaikan keluhan soal ini pada aparat berwenang.

Aparat tak bersedia menjelaskan kenapa akses internet makin lambat di Iran, namun seorang mantan pejabat menyebut Majelis Tinggi urusan Dunia maya ada dibalik kebijakan ini.

Majelis ini dibentuk Maret tahun laludan ditugasi menjadi warga Iran dari "bahaya" internet dan pada saat yang sama "memaksimalkan manfaat" darinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com