Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Gaza, KFC Diselundupkan dari Mesir

Kompas.com - 16/05/2013, 17:33 WIB

GAZA CITY, KOMPAS.com — Kentucky Fried Chicken (KFC) di berbagai belahan dunia dikenal sebagai makanan cepat saji. Artinya, pelanggan tak perlu menunggu lama untuk bisa menikmati ayam goreng ala Kolonel Sanders ini.

Namun, istilah cepat saji mungkin tak berlaku bagi penggemar KFC di Jalur Gaza. Sebab, siapa pun yang memesan KFC ke kediamannya butuh waktu paling cepat empat jam hingga makanan itu tiba di depan pintu.

Penyebabnya ada beberapa hal. Pertama, tidak ada gerai KFC di Jalur Gaza sehingga ayam goreng ini harus "diimpor" dari negeri tetangga, Mesir.

Masalah kedua adalah blokade Israel, yang membuat semua barang sulit memasuki Jalur Gaza, termasuk daging ayam KFC ini.

Namun, kedua masalah besar itu tidak menghentikan warga Gaza memesan ayam goreng ala Amerika itu. Pengiriman tetap bisa dilakukan, tetapi melewati terowongan-terowongan yang digunakan warga Palestina untuk menyelundupkan berbagai barang dari Mesir.

Nah, kondisi ini ternyata memberikan lahan bisnis untuk mereka yang jeli melihat peluang. Salah satunya adalah perusahaan pengiriman Al-Yamama yang menetapkan harga 30 dollar AS atau hampir Rp 300.000 untuk pemesanan satu paket KFC. Padahal, di Mesir, harga makanan itu hanya 11 dollar AS atau kurang dari Rp 120.000.

Harga yang lebih dari dua kali lipat itu tidak membuat warga Palestina berhenti memesan KFC. Al-Yamama mengatakan, harga mahal itu disebabkan ongkos transportasi dan penyelundupan ke Palestina. Selain itu, banyak hal yang bisa menunda pengiriman makanan itu.

"Kadang-kadang Hamas memeriksa makanan itu atau taksi penjemput di Sinai datang terlambat," kata Mohammed Al-Madani, akuntan di Al-Yamama, seperti dikutip Xinhua.

Sejak 2006, Israel melakukan blokade terhadap Jalur Gaza, yang mengakibatkan hidup begitu sulit bagi wilayah pesisir Palestina itu.

Meski demikian, berbagai barang masih bisa masuk ke Palestina lewat lorong-lorong penyelundupan yang dibuat warga Palestina.

Hampir semua barang diselundupkan ke Palestina, mulai dari rokok hingga hewan ternak dan senjata api. Bahkan, pernah terdengar kabar seekor singa diselundupkan ke Jalur Gaza.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com