Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku Charles Dickens Bisa Laku Rp 3,4 Miliar

Kompas.com - 13/05/2013, 13:29 WIB

KOMPAS.com — Sebuah buku yang merupakan terbitan pertama karya sastrawan kenamaan Inggris, Charles Dickens, diperkirakan akan laku dalam lelang dengan harga 230.000 poundsterling (setara dengan Rp 3,4 miliar).

Berjudul A Christmas Carol, buku itu merupakan satu dari sejumlah buku koleksi berharga yang akan dilelang di Edinburgh, Skotlandia, pekan ini.

Karya lain yang dilelang adalah karya F Scott Fitzgerald berjudul The Great Gatsby serta buku Evelyn Waugh berjudul Brideshead Revisited. Keduanya dilengkapi dengan tanda tangan pengarangnya yang sudah lama tiada.

Ada pula buku edisi cetak pertama dari novel Ulysses karya James Joyce yang diperkirakan akan dibeli kolektor dengan harga 3.000 pounds (Rp 44 juta).

Salinan novel The Great Gatsby, yang akan diadaptasikan ke film layar lebar dengan bintang Leonardo DiCaprio, diperkirakan akan terjual seharga 700 pounds (Rp 10,5 juta). Edisi pertama buku anak-anak berjudul The Wind in the Willows juga akan dilelang. Buku-buku tersebut adalah milik Bruce Ritchie, seorang guru bahasa Inggris yang sangat gemar sastra.

Dari gaji guru

Bruce Ritchie pernah sekolah di Akademi Dollar di Clackmannanshire dan kemudian belajar Bahasa Inggris dan Jerman di Universitas St Andrews sebelum menjadi pengajar di Sekolah Merchant Taylors di London. Digambarkan sebagai "guru yang inspirasional", dia kemudian pensiun di Stirling, Skotlandia, dan Oktober tahun lalu meninggal dunia.

Koleksinya akan dijual oleh rumah lelang Lyon and Turnbull, Selasa (14/5/2013).

Menurut seorang pakar buku berharga, John Sibbald, koleksi yang ditawarkan dalam lelang ini sangat mencengangkan. "Mengagumkan bagaimana seorang kolektor pribadi mampu mengumpulkan begini banyak buku bernilai, terutama hanya dengan mengandalkan gaji guru."

Menurut Sibbald, buku paling berharga yang ditawarkan dalam lelang ini antara lain yang dikarang oleh Alexander Pope, Seamus Heaney, Tom Stoppard, dan beberapa terbitan yang merupkan karya Yeats.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com