Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Selesaikan Pengiriman Roket ke Suriah

Kompas.com - 10/05/2013, 22:29 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, Jumat (10/5/2013), mengatakan, Rusia telah menyelesaikan pengiriman roket-roket darat ke udara untuk Suriah. AS mengecam langkah Rusia ini.

"Rusia tidak berencana untuk menjual. Rusia sudah menjual dan sudah sejak lama menandatangani kontrak penjualan dan menyelesaikan pengiriman persennjataan itu, yang adalah sistem anti-pesawat terbang, sesuai dengan kontrak yang sudah disepakati," kata Lavrov kepada wartawan di Warsawa, Polandia.

Lavrov mengatakan langkah yang diambil Rusia ini tidak dilarang hukum internasional manapun.

"Ini adalah sistem pertahanan, yang dirancang untuk Suriah dan bisa digunakan untuk mempertahankan diri dari serangan udara dan itu bukan skenario rekaan," tambah Lavrov.

Komentar Lavrov ini muncul setelah Presiden Rusia Vladimir Putin dan PM Inggris David Cameron mendiskusikan kemungkinan opsi dan langkah bersama untuk mengakhiri konflik Suriah.

Sehari sebelum pertemuan Putin-Cameron, Menteri Luar Negeri AS John Kerry memperingatkan bahwa penjualan roket Rusia ke Suriah akan membuat kondisi kawasan itu tidak stabil.

Sebelumnya, Suriah sudah bersumpah untuk merespon terhadap setiap serangan Israel ke wilayahnya setelah Israel dikabarkan dua kali menyerang fasilitas militer Suriah pekan lalu.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com