Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Berbelanja dengan Perut Kosong

Kompas.com - 08/05/2013, 07:33 WIB

Hindarilah bepergian ke pasar swalayan dalam keadaan lapar, sebab seseorang cenderung akan membeli makanan yang tidak sehat seperti keripik dan permen. Pesan itu disampaikan sekelompok peneliti AS usai melakukan riset untuk mengetahui apakah puasa memiliki dampak pada pemilihan makanan.

Eksperimen menunjukkan orang yang berbelanja dalam keadaan lapar setelah berpuasa selama lima jam sebelum berbelanja cenderung membeli makanan berkalori lebih tinggi dibandingkan saat mereka kenyang.

Studi itu memiliki implikasi kesehatan, karena berpuasa untuk alasan agama atau sebagai metode diet umum dilakukan, kata tim dari Universitas Cornell tersebut.

Riset sebelumnya telah mengindikasikan bahwa orang membeli dan makan lebih banyak makanan setelah mereka berpuasa atau diet. "Tidak makan dalam waktu pendek saja bisa membuat orang memilih jenis makanan yang berbeda," kata Prof Brian Wansink dan Dr Aner Tal.

"Jika seseorang memutuskan untuk berbelanja keperluan makanan mingguan dengan perut lapar, maka pola makan mereka akan kacau selama sepekan," kata Prof Wansink.

Ia menyarankan satu metode sederhana. "Kapan saja Anda pergi berbelanja, pastikan Anda membawa apel untuk dimakan di jalan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com