Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelecehan Seks di Militer AS Meningkat

Kompas.com - 07/05/2013, 23:51 WIB
Pieter P Gero

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com  Pejabat militer AS mengatakan, dalam laporan studi terbaru Departemen Pertahanan AS, Pentagon menyebutkan, jumlah pelecehan seks yang dilakukan personel militer AS meningkat dari 3.192 kasus pada tahun 2011 menjadi 3.374 kasus pada tahun 2012.

Namun, Departemen Pertahanan AS memperkirakan ada 26.000 pelecehan seks sepanjang tahun 2012.

Kantor berita AP hari Selasa (7/5/2013) melaporkan, jumlah pelecehan seks ini jauh lebih banyak berdasarkan sejumlah survei tidak resmi. Perbedaan dalam jumlah ini karena banyak anggota militer AS yang terkena pelecehan seks yang diam saja dan tidak melakukan laporan resmi.

Sejumlah kasus yang sempat mendapat sorotan yang melibatkan para petinggi militer akhirnya bisa diputihkan setelah dilakukan upaya perbaikan dalam tingkah laku. Hal ini muncul setelah terjadi sejumlah pelecehan seksual di kalangan Angkatan Udara AS yang melibatkan perwira yang justru bertugas pada unit Tanggapan dan Pencegahan Pelecehan Seksual.

Pejabat militer AS yang mengungkapkan meningkatnya angka pelecehan seksual dalam militer AS itu menolak menyebutkan identitas dirinya karena dia tidak punya otoritas untuk bicara kepada publik berkaitan dengan laporan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com