Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Singapura kalau Anda Mau Melahirkan!

Kompas.com - 07/05/2013, 19:29 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Pilihlah Singapura kalau Anda mau melahirkan! Ini bukan slogan pepesan kosong. Soalnya, menurut data dari Indeks Risiko Hari Kelahiran rilisan Save The Children, Negeri Singa menempati urutan pertama di Asia.

Menurut warta AP pada Selasa (7/5/2013), di Singapura, jumlah bayi meninggal saat dilahirkan cuma kurang dari 0,5 persen dari 1.000 kelahiran. Masuk dalam kategori indeks ini, selain Singapura adalah Swedia, Estonia, Siprus, Eslandia, dan Luksemburg.

Kemudian, silakan simak laporan tahunan ke-14 Dunia Ibu. Sampai kini, sedikitnya 3 juta bayi meninggal dunia dalam tiga bulan pertama kehidupannya. Dari jumlah itu, sepertiganya meninggal dunia saat dilahirkan. Lantaran angka itu, kian hari, kematian menjadi ancaman paling serius bagi bayi dan ibunya.

Sementara itu, posisi pertama Singapura di Asia juga menjadi posisi ke-15 kalau negeri itu disejajarkan dengan seluruh negara di dunia. Indeks Dunia Ibu menghitung angka kematian dari kesehatan perempuan, kesehatan anak-anak, pencapaian pendidikan, kesejahteraan ekonomi, dan partisipasi perempuan dalam politik.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com