Jumat, 21 November 2014

News / Internasional

Gadis Korban Penculikan: Halo, Saya Bebas Sekarang

Selasa, 7 Mei 2013 | 11:45 WIB

CLEVELAND, KOMPAS.com — Senin (6/5/2013) malam waktu AS, Kepolisian Cleveland, Ohio, merilis panggilan telepon antara Amanda Berry dan operator 911 (layanan darurat) beberapa menit setelah gadis itu kabur dari penculiknya yang telah mengurungnya dan dua gadis lainnya selama 10 tahun.

Berry terdengar terengah-engah, tetapi dia cukup jelas memberitahu operator siapa namanya dan rincian keadaannya. "Halo ini saya, tolong bantu saya, saya Amanda Berry." Setelah memberitahu operator bahwa dia telah menjadi berita dan hilang selama 10 tahun, ia berkata, "Saya di sini, saya bebas sekarang." Dia memberikan alamatnya: 2207 Seymour. Ketika operator bertanya, apakah dia benar-benar berada di 2210 Seymour, Amanda memberitahu operator itu bahwa dia menelepon dari seberang jalan.

Berry hilang pada usia 16 tahun pada tanggal 21 April 2003, setelah dia menelepon saudarinya untuk memberi tahu bahwa dia mendapat tumpangan pulang dari pekerjaannya di Burger King. Dua gadis lain yang ditemukan di rumah yang sama adalah Gina DeJesus dan Michelle Knight. DeJesus hilang pada usia 14 tahun dalam perjalanan pulang dari sekolah tahun 2004. Sementara Knight, menurut laporan harian Plain Dealer, hilang pada usia 20 tahun sejak tahun 2002.

Rumah tempat ketiga gadis itu ditemukan hanya beberapa kilometer dari lokasi mereka telah hilang. Penemuan itu mengakhiri pencarian yang memilukan selama bertahun-tahun oleh keluarga mereka.

Dalam teleponnya ke 911 itu, Berry memberi tahu operator bahwa ia membutuhkan polisi segera. Setelah operator mengatakan bahwa dia dapat berbicara dengan polisi ketika mereka tiba, Berry mengatakan, 'Saya membutuhkan mereka sekarang sebelum dia (si penculik) kembali."

Berry memberitahu, nama penculiknya Ariel Castro. Saat operator bertanya dia (penculik itu) memakai baju apa, suara Berry meninggi dan mengatakan "Saya tidak tahu, dia tidak ada di sini sekarang." Castro, pria Hispanik berusia 52 tahun, yang menurut laporan CNN bekerja sebagai sopir bus sekolah di Cleveland, telah ditangkap pihak berwajib.

Dalam rekaman itu, teriakan emosional DeJesus dan Knight terdengar.

Angie Garcia, yang bibinya tinggal di seberang jalan di mana para gadis itu ditemukan, mengatakan bahwa Berry berlari ke rumah bibinya dan memohon untuk dapat menggunakan telepon. Berry, yang membawa anak kecil, memberi tahu bibinya tentang siapa dia dan kemudian meminta untuk menggunakan telepon guna menghubungi 911.

"Para wanita itu dan seorang anak kecil lain keluar dari rumah di seberang jalan," kata Garcia seperti dikutip CNN. "Kami tidak pernah melihat gadis-gadis itu di sana dan kami selalu di luar," katanya. "Kami hanya melihat orang pria (penculik) itu."

Akhir mimpi buruk para gadis itu terjadi setelah seorang tetangga melihat Berry berteriak dan mencoba untuk keluar dari rumah tempat mereka dikurung. "Saya mendengar teriakan ... dan saya melihat gadis itu mencoba untuk keluar dari rumah tersebut," kata Charles Ramsey, seorang tetangga yang menemukan ketiga perempuan itu sebagaimana dikutip media afiliasi ABC. "Saya pergi ke teras rumah itu dan dia bilang, 'Tolong bantu saya keluar. Saya sudah lama di sini'."

Ramsey mengatakan, ia mencoba untuk mengeluarkan gadis itu lewat pintu, tetapi pintu tersebut tidak bisa terbuka. Ramsey terpaksa menendang bagian bawah pintu tersebut. Berry kemudian merangkak melalui pintu itu "sambil membawa seorang gadis kecil".

Polisi tiba beberapa menit kemudian dan menemukan dua perempuan lain. "Ketiga perempuan itu, Amanda Berry, Gina DeJesus, dan Michele Knight, tampaknya berada dalam kondisi kesehatan yang baik," kata polisi Cleveland dalam sebuah pernyataan. "Seorang lelaki Hispanik berusia 52 tahun telah ditahan terkait kasus itu."

Wali Kota Cleveland, Frank Jackson, menyambut baik berita mengejutkan itu. "Saya bersyukur bahwa Amanda Berry, Gina DeJesus, dan Michele Knight telah ditemukan dalam keadaan hidup," kata Jackson. "Kami memiliki banyak pertanyaan yang belum terjawab terkait kasus ini dan investigasi akan berlangsung. Sekali lagi, saya bersyukur bahwa ketiga wanita muda itu ditemukan dan hidup."


Editor : Egidius Patnistik
Sumber: