Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar Video Uji Tembak Pistol Plastik Berbahan Komponen Printer

Kompas.com - 07/05/2013, 05:44 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

TEXAS, KOMPAS.com — Sebuah kelompok dari Texas, Amerika Serikat, memublikasikan video yang menunjukkan uji coba tembak pistol plastik berkomponen suku cadang printer 3D. Video ini juga memperlihatkan komponen printer 3D yang digunakan untuk merakit pistol plastik ini.

Dalam video berdurasi 53 detik tersebut, dipertontonkan tembakan yang dilepaskan dari liberator, pistol yang hampir seluruhnya berbahan plastik kecuali logam pin yang diambil dari suku cadang printer 3D. Rekaman video itu memperlihatkan uji tembak berlangsung mulus sebagaimana tembakan dari pistol yang sesungguhnya meskipun dalam video tak terlihat jarak tembak maupun akurasinya.

Kelompok nirlaba yang mengunggah video ini didirikan oleh mahasiswa jurusan hukum berusia 25 tahun, Cody Wilson.Video yang diunggah itu memungkinkan orang lain menduplikasi pembuatan pistol serupa. Komponen suku cadang pistol ini bisa didapatkan dari printer Stratasys Dimensi SST, yang secara online bisa dibeli seharga 8.000 dollar AS atau kurang dari Rp 80 juta.

Wilson adalah orang yang muncul dalam video dan melakukan uji coba penembakan pistol plastik itu, Sabtu (4/5/2013). Video tersebut diunggah pertama kali di Youtube pada Minggu (5/5/2013). Kelompok Wilson mendeskripsikan diri sebagai "Wiki Weapon Project" dan sudah berdiri sekitar satu tahun.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com