Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amerika Akui Video Rekaman Jatuhnya Pesawat Kargo di Afganistan

Kompas.com - 07/05/2013, 03:57 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

BAGRAM, KOMPAS.com — Pemerintah Amerika Serikat mengakui kebenaran rekaman video amatir jatuhnya pesawat kargo sipil yang melayani kepentingan Amerika Serikat di Bagram, Afganistan, pekan lalu. Sumber anonim CNN menolak menyebutkan rincian bagaimana Pemerintah Amerika Serikat sampai pada kesimpulan tersebut.

Saat ini, penyelidikan atas jatuhnya pesawat kargo Boieng 747-400 tersebut masih berlangsung. Pesawat ini jatuh tak lama setelah tinggal landas dari Pangkalan Udara Bagram di Afganistan, Senin (29/4/2013). Tujuh awak pesawat dinyatakan tewas. Jatuhnya pesawat tersebut terekam video dari salah satu mobil kontraktor Amerika Serikat di Afganistan.

National Airlines mengkhususkan diri melayani angkutan kargo militer dan bisnis. Dalam rekaman video itu terlihat pesawat tinggal landas sekitar pukul 11.20 waktu setempat. Setelah mengudara sekitar 12 detik, pesawat terlihat oleng, kemudian terpelanting ke arah kanan. Pada detik ke-23, pesawat menghunjam ke bumi, diikuti ledakan dan bola api yang disusul asap hitam pekat.

National Air Cargo, induk dari National Airlines, mengatakan pesawat itu mengisi bahan bakar di Bagram. Sebelumnya, pesawat berkode penerbangan NCR102 tersebut berangkat dari Camp Bastion, sebuah pangkalan militer Inggris di Afganistan, dengan tujuan Dubai di Uni Emirat Arab.

"Ini adalah penerbangan kargo murni dan tidak ada penumpang," kata pernyataan National Air Cargo. Kargo yang terdaftar sebagai muatan pesawat ini termasuk lima kendaraan lapis baja yang diambil dari Afganistan. "Sebagai bagian dari penarikan pasukan AS," kata Shirley Kaufman dari National Air Cargo.

Penyebab kecelakaan belum dipastikan. Saat ini, tim yang beranggotakan empat orang dari Dewan Keselamatan Transportasi Nasional serta perwakilan dari Federal Aviation Administration dan Perusahaan Boeing membantu Departemen Perhubungan Afganistan dan Commercial Aviation untuk menyelidiki insiden tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com