Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB: Pemberontak Suriah Gunakan Gas Sarin

Kompas.com - 06/05/2013, 15:44 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Investigator masalah hak asasi manusia PBB, Carla del Ponte, mengatakan, pasukan pemberontak Suriah telah menggunakan gas sarin dalam konflik bersenjata di negeri itu.

"Berdasarkan sejumlah kesaksian yang kami kumpulkan, pasukan pemberontak menggunakan senjata kini, dalam hal ini gas sarin," kata Del Ponte dalam wawancara dengan Radio Swiss, Minggu (5/5/2013) malam.

Namun, Del Ponte—mantan jaksa kejahatan perang—menegaskan, komisi penyelidikan PBB untuk Suriah, di mana dia adalah anggotanya, masih jauh dari selesai.

Sementara itu, Pemerintah Turki melakukan tes darah terhadap para pengungsi Suriah untuk memastikan apakah mereka adalah korban dari senjata kimia.

"Sejumlah sampel sudah diambil dari orang-orang yang terluka di Suriah yang telah dikirim ke Turki," ujar sumber Pemerintah Turki yang tidak ingin disebutkan namanya.

Sebelumnya, negara-negara Barat memprihatinkan kemungkinan penggunaan senjata kimia dalam konflik Suriah yang tak kunjung reda dan malah semakin meningkat itu.

Bahkan, Presiden AS Barack Obama mengatakan, jika penggunaan senjata kimia itu memang terbukti, Amerika Serikat akan menimbang kembali berbagai opsi yang tersedia terkait keterlibatan negeri itu di dalam konflik yang sudah berlangsung dua tahun tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com