Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKS Harap Pemilu Malaysia Berjalan Damai

Kompas.com - 05/05/2013, 18:49 WIB
Imam Prihadiyoko

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS. com-  Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berharap Pilihan Raya Umum Malaysia atau Pemilu yang berlangsung Minggu (5/5/2013) ini, berjalan damai dan menghasilkan anggota parlemen dan pimpinan pemerintahan yang didukung rakyat.

Demikian siaran pers yang diterima Kompas di Jakarta, Minggu (5/5) dari Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri (BHLN) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS Taufik Ramlan Wijaya yang saat ini sedang berada di Kualalumpur, Malaysia.

Taufik meminta, Pusat Informasi dan Pelayanan (PIP) PKS Malaysia untuk mengamati dinamika Pemilu yang melibatkan lebih dari 13,6 juta pemilih tersebut.

"Kami himbau rekan-rekan hanya memyaksikan dari jauh untuk kepentingan pembelajaran politik PKS," terang Taufik Ramlan yang singgah di Kualalumpur setelah mengikuti konsolidasi kader PKS se-dunia di Istanbul, Turki.

Menurut Taufik, Pemilu di Malaysia menampakkan dinamika yang menarik karena antusiasme terasa di lapangan dalam kampanye-kampanye yang diselenggarakan.

"Sistem pemilu di Malaysia memang berbeda, karena rakyat langsung memilih dalam sistem distrik sehingga para caleg head to head di satu distrik untuk mendapatkan kursi parlemen," ujar Taufik ketika mencoba membandingkan pemilu di Malaysia dengan Pemilu di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com