Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibayar Rp 100.000 Per Jam, Pemikat PRT ke Kanada

Kompas.com - 05/05/2013, 12:18 WIB

TORONTO, KOMPAS.com — Selain karena banyak dicari, bayaran menjadi pemikat pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia mau pindah ke Kanada. Di negara tetangga Amerika Serikat itu, PRT mendapat bayaran Rp 100.000 per jam.

"Itulah yang mendorong PRT di Kanada menarik teman-temannya yang bekerja di Hongkong, Taiwan, atau di Indonesia untuk bekerja di sini," kata Kepala Konjen RI Julang Pujianto di Toronto, Minggu (5/5/2013).

Menurut Pujianto, di Kanada perlindungan tenaga kerja sangat kuat. Di negeri ini, ada larangan pembantu bayar transportasi dari Indonesia ke Kanada.

"Pokoknya tidak boleh ada beban biaya kepada pembantu," tegas Konjen.

PRT Indonesia di Kanada umumnya berhasil mengambil hati majikannya. Hal itu terbukti banyak majikan yang suka dengan kinerja PRT Indonesia. Mereka dikenal rajin, patuh pada majikan, dan aturan, serta tidak banyak komplain.

Apalagi, kata dia, banyak warga Toronto yang Muslim. Mereka menginginkan pembantu dari Indonesia yang Muslim. Sementara itu, selama ini, pasar pembantu diisi oleh warga Filipina.

"Jadi Kanada tidak akan lama lagi kebanjiran PRT Indonesia karena permintaannya semakin besar dari tahun ke tahun," imbuhnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com