Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Assaf, Suara Palestina di "Arab Idol"

Kompas.com - 05/05/2013, 02:49 WIB

RAMALLAH, KOMPAS.com — Dengan senyumnya yang menawan serta suaranya yang penuh tenaga, Mohammad Assaf, pemuda asal Gaza itu berhasil memukau para juri di ajang pencarian bakat Arab Idol.

Assaf menjadi pemuda Palestina pertama yang melaju cukup jauh di ajang itu kini menjadi sebuah simbol nasional baru di antara warga Palestina.

Dalam penampilannya Jumat (3/5/2013), Assaf membawakan sebuah lagu yang dibawakan salah seorang juri dan penyanyi asal Lebanon, Ragheb Alama.

Penampilan Assaf sangat memuaskan dewan juri dan memukau penonton yang tak henti-hentinya menyerukan nama Assaf.

"Lagu ini usianya sudah 26 tahun. Namun, saya yakin setelah kamu nyanyikan, lagu ini akan terus hidup untuk 62 tahun berikutnya," kata salah seorang juri Arab Idol, Ahlam al-Shamsi.

"Jika Mohammad Assaf menjadi Arab Idol berikutnya, saya akan sangat bangga," tambah Shamsi.

Di kampung halamannya, Assaf mendapatkan dukungan tak hanya dari warga tapi juga dari perusahaan operator telepon genggam. Penyedia layanan telepon genggam bahkan rela menurunkan tarif pengiriman SMS agar warga Palestina mengirim banyak SMS untuk Assaf.

Tak hanya itu, para politisi Palestina juga mengajak rakyat untuk memilih Assaf.

Mantan Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad lewat akun Facebook-nya mengatakan, Assaf sangat layak mewakili Palestina.

"Dia adalah suara Gaza dan seluruh Palestina," kata Noora Ouri, warga Palestina yang tinggal di Ramallah.

Namun, jalan menuju Arab Idol memang tak mudah bagi Assaf. Dia yang harus melintasi perbatasan Mesir untuk mengikuti audisi, bahkan sempat ditangkap polisi Mesir.

Dia ditangkap karena memanjat tembok pembatas Gaza dan Mesir karena waktu untuk mendaftar sebagai peserta Arab Idol hampir habis.

"Polisi menahan dia namun dia mulai menyanyi di hadapan polisi. Mereka akhirnya mengizinkan Assaf untuk ikut audisi," kata ibunda Assaf kepada surat kabar terbitan Uni Emirat Arab, The National.

Kini warga Palestina berharap Assaf bisa bertahan lebih lama di ajang ini, dan jika bisa memenangkannya untuk seluruh bangsa Palestina.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com