Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amerika Tengah Ingin Gas Murah

Kompas.com - 04/05/2013, 18:53 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pertemuan antara negara-negara kawasan Amerika Tengah dengan Presiden AS Barack Obama di San Jose, Kosta Rika, membuahkan dua hasil penting. Pertama, negara-negara kawasan itu menginginkan pasokan gas dari AS berbanderol murah. Kedua, Amerika Tengah juga ingin AS memberi jaminan lebih untuk mencegah perdagangan obat bius.

Sebagaimana warta AP pada Sabtu (4/5/2013), Kosta Rika menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Sistem Integrasi Amerika Tengah pada Jumat kemarin. Perkumpulan itu, dalam bahasa Spanyol disingkat SICA. Perhelatan itu menggandeng Negeri Uwak Sam sebagai mitra.

Ihwal obat bius itu, Presiden El Salvador Mauricio Funes mengatakan peran besar AS itu amat diperlukan. "Soalnya, pasokan tetap ada kalau dibarengi dengan konsumsi,"katanya diplomatis.

Sementara, Presiden Guatemala Otto Perez Molina mengajukan usul agar dibuka dialog komprehensif untuk legalisasi obat bius.

Pada bagian selanjutnya, para pemimpin Amerika Tengah kembali menyampaikan soal pasokan gas murah dari AS. Paling mengemuka adalah catatan Presiden Panama Ricardo Martinelli. "Kalau kami mendapat gas dengan harga lebih mahal, produk-produk Amerika Tengah tak kompetitif. Itu menjadi tidak baik juga buat AS,"tuturnya.

Kendati begitu, pertemuan itu juga mafhum kalau AS tengah mengalami kondisi perekonomian yang kurang baik kali ini. SICA beranggotakan Guatemala, Belize, Honduras, El Salvador, Nikaragua, Kosta Rika, dan Panama. Sementara, Republik Dominika masih berstatus anggota mitra.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com