Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Afganistan Ingin Makin "Mesra" dengan Pakistan

Kompas.com - 04/05/2013, 17:48 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Afganistan Hamid Karzai menegaskan hubungan bilateral negerinya dengan Pakistan harus makin "mesra". Menurutnya, hubungan kedua negara harus makin erat lantaran kasus-kasus di perbatasan kedua negara memerlukan perhatian ekstra. Hamid Karzai, tulis AP pada Sabtu (4/5/2013), mengatakan pandangannya itu di istana kepresidenan Afganistan di Kabul.  

Terkini, selisih paham soal perbatasan di Jalur Durand, Distrik Goshta di Provinsi Nangarhar pada Rabu (1/5/2013). Insiden itu menewaskan seorang polisi Afganistan dan melukai dua tentara Pakistan.  Jalur Durand yang memisahkan Afganistan dan Pakistan sejatinya tidak diakui pihak Afganistan.    

Sementara itu, terkait hubungan kedua negara, Hamid Karzai mengakui sudah 19 kali bertandang ke Pakistan. "Tujuan kunjungan tetap sama, membangun relasi persahabatan,"katanya.

Karzai mengatakan pemerintahannya siap meneken pakta keamanan dengan AS. "Asalkan, kepentingan Afganistan dihormati,"katanya.

Secara rinci, Karzai mengatakan AS mesti menjamin keamanan nasional berikut mendukung pertumbuhan ekonomi Afganistan. "Saya juga minta Taliban untuk mengakhiri perseteruan dan membangun bersama keamanan Afganistan,"demikian Hamid Karzai.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com