Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Kulit Hitam Pertama

Kompas.com - 04/05/2013, 02:45 WIB
Pieter P Gero

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Menteri kulit hitam pertama dalam pemerintahan Italia, Cecile Kyenge, hari Jumat (3/5/2013) tampil memperkenalkan diri kepada warga Italia.

Perempuan kelahirna Kongo ini pekan lalu ditetapkan sebagai Menteri Penyatuan, dalam kabinet Italia yang diumumkan pekan lalu. "Saya kluit hitam. Dan penting menegaskan hal ini, dan saya bangga menekankan hal ini," ujar Kyenge saat perkenalan, sebagaimana dilaporkan kantor berita AP, hari Jumat.

Dia sengaja menegaskan hal ini, karena kehadiran menteri kulit hitam dalam kabinet bakal menjadi sasaran rasialis. Kehadiran Kyenge dalam kabinet dengan tugas menghadapi berbagai kendala, berkaitan dengan gelombang imigrasi.

Masalah imigrasi ini sejauh ini sulit diatasi di Italia. Hanya saja, bagi kelompok neo fasisme Italia, kehadrian menteri berkulit hitam jelas sebuah hal yang tak boleh. Jaringa ninternet mereka sudah rebut soal kehadrian Kyenge.

Kyenge kemarin berterima kasih atas warga Italia yang membela dirinya. Dia juga menegaskan dan mengingatkan tradisi lama dan panjang orang Italia yang menyambut hangat orang asing. Tradisi ini jelas harus terus dijaga dan dipelihara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com