Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Garmen Dibuka Lagi, Wali Kota Diskors

Kompas.com - 03/05/2013, 03:03 WIB

Dhaka, Kamis - Industri garmen Banglades kembali dibuka, Kamis (2/5), setelah gelombang demonstrasi dan pemogokan buruh, menyusul runtuhnya gedung tempat lima pabrik garmen, 24 April lalu.

Bencana terburuk industri garmen negara itu telah menimbulkan protes di seluruh dunia. Mereka mengkritik buruknya keselamatan kerja dan upah buruh pembuat baju untuk merek-merek terkenal Barat. Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus, bahkan menyebut, kondisi para pekerja yang tewas itu tak ubahnya ”tenaga kerja budak”.

Jutaan buruh garmen kembali ke tempat kerja di sekitar ibu kota Dhaka yang ditutup sejak bencana itu terjadi.

”Semua pabrik telah buka hari ini dan para buruh telah kembali bekerja. Tidak ada laporan protes atau kekerasan,” kata Shahidullah Azim, Wakil Ketua Asosiasi Produsen dan Eksportir Garmen Banglades.

Para buruh garmen beramai- ramai meninggalkan tempat kerja mereka setelah insiden terjadi sebagai protes atas serangkaian bencana yang menyebabkan korban jiwa dalam industri bernilai 20 miliar dollar AS setahun itu.

Terjadi sejumlah serangan dan pelemparan pada pabrik-pabrik selama pekan lalu. Buruh juga turun ke jalan dan bentrok dengan polisi. Kemarahan atas kondisi buruh garmen—banyak di antaranya berupah kurang dari 40 dollar AS sebulan—menjadi fokus utama unjuk rasa Hari Buruh, 1 Mei.

Sekitar 3 juta orang bekerja sebagai buruh di 4.500 pabrik tekstil negara itu. Azim mengatakan, kerugian akibat tutupnya pabrik tekstil dan garmen selama hampir sepekan itu diperkirakan menyebabkan kerugian 25 juta dollar AS sehari.

Paus Fransiskus menambah tekanan dunia untuk perubahan dalam komentar terkerasnya mengenai hak buruh sejak terpilih pada 13 Maret. ”Hidup dengan 38 euro sebulan. Itulah upah yang diterima orang-orang yang meninggal ini. Itu disebut tenaga kerja budak,” kata Fransiskus dalam khotbah mendadak dalam misa pagi di kediamannya di Vatikan.

Perlahan

Operasi pembersihan berjalan perlahan meski petugas telah menggunakan alat berat untuk menyingkirkan reruntuhan gedung Rana Plaza di Savar, pinggiran kota Dhaka. Sejumlah jenazah yang ditemukan membuat jumlah korban tewas kini mencapai 430 orang.

”Kami bekerja terus-menerus. Operasi berjalan pelan karena semua dilakukan dengan sangat hati-hati,” kata juru bicara militer, Shahinul Islam.

Pemerintah Banglades menskors Wali Kota Savar Mohammad Refayet Ullah karena tidak menutup pabrik garmen ketika retakan bermunculan di gedung itu, sehari sebelum tragedi. Ullah adalah pejabat tertinggi yang diskors karena bencana itu.

Selain 430 orang yang tewas, polisi melaporkan 149 orang juga belum ditemukan. Pemakaman massal dilakukan pada hari Rabu bagi 34 korban yang jenazahnya tak bisa diidentifikasi. Sejumlah liang kubur telah digali untuk lebih banyak korban yang tak teridentifikasi. (AFP/Reuters/AP/DI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com