Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga AS Tak Setuju Intervensi ke Suriah

Kompas.com - 02/05/2013, 19:05 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebagian besar warga Amerika Serikat tak ingin negerinya terlibat dalam perang saudara Suriah, meski pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia. Demikian hasil jajak pendapat yang digelar Reuters/Ipsos pada Rabu (1/5/2013).

Hasil jajak pendapat ini menjadi pesang yang sangat jelas bagi Gedung Putih untuk mempertimbangkan kembali langkah dalam menghadapi krisis politik Suriah yang semakin memburuk.

Hanya 10 persen responden yang disurvei melalui jajak pendapat di internet setuju jika Amerika Serikat terlibat dalam konflik bersenjata Suriah. Sedangkan 61 persen responden menolak keterlibatan AS di Suriah.

Namun, jumlah warga yang menyetujui intervensi meningkat hingga 27 persen jika terkait dengan penggunaan senjata kimia oleh rezim Bashar al-Assad. Sedangkan 44 persen tetap menolak intervensi AS.

"Setelah Afganistan dan Irak, maka warga AS sudah tak berselera lagi dengan intervensi militer," kata peneliti Ipsos, Julia Clark.

Sebelumnya, Presiden AS Barack Obama menyatakan akan mempertimbangkan kembali opsi intervensi militer, jika rezim Presiden Bashar al-Assad terbukti menggunakan senjata kimia untuk menghadapi pasukan pemberontak.

Jajak pendapat ini melibatkan 519 responden berusia 18 tahun ke atas dan digelar pada 26 April hingga 1 Mei 2013.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com