Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga India Tewas di Penjara Pakistan

Kompas.com - 02/05/2013, 18:18 WIB
LAHORE, KOMPAS.com - Pemerintah India meminta keadilan setelah warganya yang dijatuhi hukuman mati di Pakistan karena kegiatan mata-mata, tewas pada Kamis (2/5/2013), sekitar sepekan setelah dia diserang sesama tahanan.

Sarabjit Singh, yang dijatuhi hukuman 16 tahun penjara akibat pengeboman, meninggal dunia akibat diserang sesama tahanan di LP Kot Lakhpat Lahore. Demikian pernyataan dokter di RS Jinnah Pakistan.

Pria berusia 49 tahun itu terlebih dahulu menderita koma setelah menderita sejumlah luka akibat serangan enam tahanan lain pada 26 April lalu. Mereka menghantam kepala Sarabjit dengan batu bata yang akhirnya membuat tengkorak kepala Sarabjit retak.

"Para penjahat itu bertanggung jawab atas serangan dan pembunuhan brutal terhadap Sarabjit Singh. Mereka harus diadili," kata PM India Manmohan Singh, lewat akun Twitter resminya.

Pemerintah India memprotes kebijakan Pakistan yang menghalang-halangi diplomatnya untuk bertemu Sarabjit yang tengah sekarat.

"Sangat disayangkan Pakistan mengabaikan permohonan untuk memperhatikan sisi kemanusiaan kasus ini," lanjut Manmohan.

Manmohan menambahkan, pemerintah India juga tengah berupaya untuk membawa jasad Sarabjit pulang untuk dimakamkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com