Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Rakitan Taliban Tewaskan 8 Polisi Afganistan

Kompas.com - 02/05/2013, 17:44 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Serangan bom Taliban menewaskan delapan anggota polisi Afganistan, Kamis (2/5/2013), di Provinsi Logar, tak jauh dari ibu kota Kabul. Serangan ini terjadi hanya empat hari setelah Taliban mengumumkan "serangan musim semi".

Saat diserang, anggota Polisi Lokal Afganistan (ALP) tengah melakukan patroli bersama dengan pasukan koalisi pimpinan NATO dekat kota Puli Alam, Provinsi Logar.

"Salah satu mobil polisi menghantam bom rakitan. Akibatnya delapan anggota ALP tewas dan mobil yang mereka gunakan hancur," kata Wakil Kepala Polisi Provinsi Logar, Rais Khan Sadeq.

Sementara itu, juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid mengatakan kelompoknya bertanggung jawab atas serangan itu.

"Sejumlah besar polisi tewas dan sejumlah besar polisi lainnya luka," kata Mujahid tanpa memberi rincian.

Sejak dibentuk pada 2010, ALP sudah memicu kontroversi. ALP dibentuk sebagai pasukan pengamanan tingkat komunitas untuk mereduksi aksi kekerasan di sejumlah kawasan paling berbahaya di Afganistan.

ALP dibentuk sebangai kekuatan lokal untuk menghadapi Taliban di kawasan yang kekurangan personel polisi dan tentara. Namun, ALP kerap dikritik karena sikap dan pelatihan yang sangat buruk.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com