Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantaran Debu, Ekspatriat Hengkang dari China

Kompas.com - 30/04/2013, 15:35 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Debu dan tingginya tingkat polusi di China sedikit demi sedikit mulai memakan korban. Adalah Whitney Foard Small, perempuan asal AS, yang menjadi orang penting di Ford Motor Co China.

Warta Xinhua pada Selasa (30/4/2013) menunjukkan, Small masuk rumah sakit di Beijing beberapa waktu silam. Dokter yang merawatnya akhirnya mengeluarkan surat agar Small meninggalkan China demi pemulihan kesehatan.

Alasan utama di dalam surat itu adalah tingginya polusi udara di China yang bisa membuat Small makin sakit parah. Tak ada informasi soal penyakit yang diidap Small sejauh ini.

Lantaran alasan itulah, pihak Ford mengambil keputusan memulangkan Small ke negara asalnya. Di perusahaan otomotif itu, jabatan terakhir Small adalah direktur komunikasi regional. Small bukanlah pekerja asing alias ekspatriat pertama yang meninggalkan China gara-gara polusi itu.

Yang lebih memprihatinkan lagi, tidak ada catatan resmi yang menunjukkan sampai kini jumlah ekspatriat yang terpaksa meninggalkan China karena alasan polusi. Kendati begitu, para konsultan rekrutmen menandai faktor polusi sebagai kendala bagi para ekspatriat berkarier di Negeri Tembok Raksasa itu.

Catatan lebih tegas disampaikan oleh Kamar Dagang Eropa di China. Lembaga itu bahkan sudah menyatakan bahwa polusi adalah salah satu alasan kuat bagi perginya manajer-manajer asing di China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com