Jumat, 25 Juli 2014

News /

Kegiatan Buruh Ada di Tiga Titik

Selasa, 30 April 2013 | 03:33 WIB

Jakarta, Kompas - Polda Metro Jaya memastikan tiga titik utama tempat kegiatan peringatan Hari Buruh yang diperkirakan akan diikuti 50.000 buruh, Rabu (1/5). Ketiga titik tersebut adalah seputar Istana Negara, Bundaran Hotel Indonesia, dan Gedung MPR/DPR RI.

”Kami sampai saat ini belum menerima pemberitahuan siapa saja dan berapa banyak buruh yang akan berdemo,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto di Polda Metro, Jakarta, Senin (29/4).

Wakil Direktur Lalu Lintas Ajun Komisaris Besar Sambodo Purnomo mengatakan, pihaknya akan melakukan pengaturan arus lalu lintas di tiga titik tersebut, termasuk kemungkinan menutup jalan ke arah lokasi. Namun, hal itu bersifat situasional agar tidak terjadi stagnasi arus lalu lintas seputar kawasan itu.

”Setiap perkembangan situasi soal penanganan jalur akan kami informasikan melalui TMC, Facebook, siaran radio, dan Twitter Polda. Kami akan kerja sama dengan para koordinator lapangan agar jalur bus transjakarta tetap dapat dilewati dari dua arah,” kata Sambodo.

Tidak ada razia

Polres Tangerang Kabupaten bersama pimpinan aliansi dan serikat pekerja se-Kabupaten Tangerang bersepakat aksi pada Hari Buruh secara damai. Buruh akan saling menjaga wilayahnya saat unjuk rasa dan tidak akan melakukan razia dari pabrik ke pabrik.

”Kesepakatan sudah dibuat. Kalau ada yang melanggar kesepakatan tersebut, kami akan tindak tegas,” kata Kepala Polres Tangerang Kabupaten Komisaris Bambang Priyo Andogo kepada wartawan di Tigaraksa.

Sementara itu, Kepala Polres Khusus Bandara Soekarno-Hatta Komisaris Besar CH Patoppoi mengatakan akan mengerahkan 2.000 personel keamanan untuk mengamankan aksi unjuk rasa di kawasan Bandara SoekarnoHatta.

Mengantisipasi kemungkinan para demonstran buruh menyisir kawasan industri di Tangerang dan Bekasi, Polres Jakarta Timur dan Polres Jakarta Barat akan menempatkan pasukannya lebih banyak di perbatasan Tangerang dan Bekasi.

”Kami akan menempatkan satu satuan setingkat kompi Brimob Polda Metro atau 50 anggota, 2 peleton atau 60 anggota Polres Jakbar, serta personel polisi lainnya, seperti satuan patroli yang total keseluruhan mencapai 500 personel, di Kalideres, Jakarta Barat,” ujar Kepala Subbagian Humas Polres Jakbar Komisaris Titin Wirantina, Senin.(FRO/MDN/MKN/BRO/WIN/NDY)


Editor :