Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hezbollah Bantah Kirim Pesawat Tak Berawak ke Israel

Kompas.com - 26/04/2013, 10:51 WIB

BEIRUT, KOMPAS.com  Kelompok Hezbollah Lebanon, Kamis (25/4/2013), mengatakan, pihaknya tidak mengirim pesawat tak berawak (drone) ke Israel. Bantahan Hezbollah itu muncul beberapa jam setelah angkatan udara Israel mengatakan telah menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak di lepas pantai utara negara itu.

"Sebuah pesawat tak berawak diidentifikasi telah mendekati pantai Israel dan berhasil dicegat pesawat IAF, lima mil laut dari Pantai Haifa, pada sekitar pukul 14.00 hari ini (atau 18.00 WIB)," kata militer Israel.

Namun, saluran televisi milik Hezbollah, yaitu Al-Manar, menegaskan, "Hezbollah membantah telah mengirim pesawat tak berawak ke wilayah Palestina yang diduduki." Saluran televisi tidak memberikan penjelasan lebih lanjut.

Wakil Menteri Pertahanan Israel Danny Danon sebelumnya secara jelas menuduh Hezbollah sebagai pengirim drone itu. Kelompok itu dikatakan berada di balik penyusupan pesawat tak berawak sebelumnya, yaitu pada 7 Oktober. "Kita sedang bicara tentang upaya lain oleh Hezbollah dengan mengirim pesawat tak berawak ke wilayah Israel," katanya kepada radio militer Israel. Ia menggambarkan hal itu sebagai "upaya lain untuk mengacaukan Timur Tengah".

"Saya melihat upaya untuk menerobos perbatasan kita ini sebagai hal yang sangat serius. Kami akan terus melakukan apa yang kami harus lakukan guna melindungi keamanan warga Israel," kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Namun, juru bicara militer Israel Letkol Peter Lerner dengan berhati-hati mengatakan insiden itu sedang diselidiki. "Kami tidak tahu dari mana pesawat itu datang dan ke mana tujuannya yang sebenarnya," katanya, seraya menambahkan bahwa angkatan laut Israel sedang mencari sisa-sisa drone itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com