Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HRW: Polwan Afganistan Butuh Toilet Terpisah

Kompas.com - 25/04/2013, 16:42 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Organisasi pembela HAM, Human Right Watch (HRW), Kamis (25/4/2013), menyerukan agar Pemerintah Afganistan menyediakan toilet dan kamar ganti terpisah di kantor-kantor polisi untuk para polisi wanita.

HRW mengatakan, polisi wanita Afganistan kerap menghadapi pelecehan dan serangan fisik di tempat kerja mereka. HRW menambahkan, para polisi wanita Afganistan tak memiliki akses toilet yang aman dan nyaman. Sejauh ini, seruan untuk toilet terpisah hingga kini belum dipenuhi.

"Pemerintah Afganistan harus mengambil langkah untuk memastikan bahwa polisi wanita di negeri ini memiliki fasilitas kamar mandi yang terpisah, nyaman , dan bisa dikunci di kantor-kantor polisi," demikian pernyataan HRW.

HRW menyatakan, sebanyak 1.500 personel polisi wanita Afganistan menghadapi pelecehan seksual oleh kolega prianya di lokasi kerja. Organisasi ini mengutip sejumlah kasus pemerkosaan polisi wanita oleh rekan kerjanya yang dimuat media massa.

HRW menegaskan, kondisi itu diperparah dengan buruknya keamanan toilet yang biasa digunakan para polisi wanita Afganistan.

"Ini bukan sekadar masalah toilet. Ini soal pengakuan pemerintah bahwa perempuan memiliki peran penting dalam penegakan hukum di Afganistan," kata Direktur Asia HRW, Brad Adams.

Afganistan kini memiliki 160.000 personel polisi yang didanai dan dilatih sekutu-sekutu Barat negeri itu. Dari jumlah tersebut, polisi wanita berjumlah sekitar 1.500 personel. Pemerintah Afganistan berencana akan menambah hingga lima kali lipat jumlah personel polisi wanita.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com