Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xinjiang Rusuh Lagi, 21 Orang Tewas

Kompas.com - 24/04/2013, 13:49 WIB

BEIJING, KOMPAS.com  Sebanyak 21 orang, termasuk petugas polisi, tewas dalam bentrokan di Provinsi Xinjiang yang bergolak di China bagian barat. Demikian kata seorang pejabat setempat, Rabu (24/4/2013). "Semuanya 21 orang tewas, termasuk pekerja sosial dan polisi," kata seorang pejabat bermarga Cao dari kantor berita pemerintah provinsi itu tentang insiden tersebut. Cao menambahkan bahwa bentrokan itu terjadi Selasa kemarin.

Sebuah situs berita yang dikelola pemerintah, Tianshan Net, melaporkan, pertempuran bersenjata itu pecah di wilayah Bachu, di bagian barat provinsi itu, setelah polisi mencari rumah penduduk lokal yang dicurigai punya senjata. Laporan itu menggambarkan pertempuran tersebut sebagai "insiden teror". Situs itu melaporkan bahwa 15 dari mereka yang tewas merupakan anggota polisi atau pekerja sosial. Sebanyak 11 dari 15 orang itu adalah anggota etnis minoritas Uighur, yang sebagian besar tinggal di Xinjiang. Selanjutnya, ada enam "anggota geng" yang ditembak mati dalam kekerasan itu. Demikian kata laporan itu, yang tidak memberikan identitas mereka.

Cao membenarkan isi laporan itu, tetapi ia mengatakan tidak tahu berapa banyak polisi yang tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com