Jumat, 29 Agustus 2014

News / Internasional

BANGLADES

Pabrik Garmen Runtuh, 25 Orang Tewas

Rabu, 24 April 2013 | 13:23 WIB

DHAKA, KOMPAS.com  Sebuah pabrik garmen berupa gedung bertingkat delapan lantai dan sebuah pusat perbelanjaan di pinggiran Dhaka, ibu kota Banglades, runtuh, Rabu (24/4/2013). Sedikitnya 25 orang tewas dan 500 orang lainnya cedera dalam peristiwa itu. Demikian lapor saluran televisi berita NTV.

Para petugas pemadam kebakaran dan personel militer yang sedang bekerja di bangunan Rana Plaza di Savar, 30 kilometer di luar Dhaka, menyelamatkan orang-orang yang terjebak di dalam bangunan itu. Demikian kata Mohammad Asaduzzaman, petugas polisi setempat, kepada Reuters.

Dia mengatakan, pemilik pabrik telah mengabaikan peringatan untuk tidak mengizinkan para pekerja masuk ke gedung setelah sebuah retakan terdeteksi di blok itu sehari sebelumnya.

Industri garmen Banglades yang berkembang pesat telah terganggu oleh kebakaran dan sejumlah kecelakaan lain selama bertahun-tahun. November lalu, sebanyak 112 pekerja tewas dalam kebakaran di sebuah pabrik di sebuah kawasan industri di pinggiran kota Dhaka.


Editor : Egidius Patnistik
Sumber: