Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Retreat Leader" SBY-Lee Bahas Situasi ASEAN

Kompas.com - 23/04/2013, 01:43 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong membahas perkembangan ASEAN dalam retreat leader yang diselenggarakan di Singapura, Senin (22/4/2013). Pertemuan ini merupakan bagian dari agenda perjalanan Presiden SBY ke tiga negara.

"Selain masalah-masalah bilateral, Presiden Yudhoyono dan PM Lee juga membahas perkembangan di ASEAN, utamanya upaya untuk mencapai Komunitas ASEAN 2015," kata Marty, Senin (22/4/2013). Baik PM Lee maupun Presiden Yudhoyono, ujar dia, menegaskan pentingnya ASEAN mengonsolidasikan kohesi, kebersamaan, dan kesatuannya, terutama menghadapi situasi dan kondisi di kawasan yang serba tidak menentu.

"Di sini tentu yang dimaksud perkembangan di Semenanjung Korea, kawasan Asia Timur pada umumnya, secara khusus masalah Laut China Selatan," kata Marty. Menurut dia, kedua kepala pemerintahan tersebut kembali menegaskan perlunya masalah Laut China Selatan diselesaikan melalui jalan damai, yaitu melalui perundingan.

"Digarisbawahi betapa pentingnya six point principle yang telah diupayakan yang telah disetujui negara ASEAN dan juga betapa pentingnya untuk mencapai code of conduct mengenai masalah Laut China Selatan," papar Marty. Dia menambahkan, dalam retreat leader tersebut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menyatakan puas dan positif terhadap status hubungan bilateral kedua negara.

Retreat leader merupakan acara tahunan dua kepala pemerintahan untuk mengevaluasi dan mengkaji hubungan antarkedua negara. Sebelumnya, retreat leader diselenggarakan di Bogor pada Maret 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com