Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

200 Marinir AS Tiba di Darwin

Kompas.com - 20/04/2013, 17:51 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

DARWIN, KOMPAS.com - Dua ratus anggota marinir Amerika Serikat tiba di Darwin hari Minggu besok, untuk ditempatkan selama enam bulan di kawasan utara Australia tersebut.

Menurut Menteri Pertahanan Australia, Stephen Smith, tentara Amerika Sertikat itu akan ditempatkan di Robertson Barracks di Darwin, dan akan berlatih bersama pasukan Australia dan tentara negara lain di kawasan.

Pasukan AS ini juga akan berlatih sendiri di fasilitas pertahanan di kawasan Northen Territory tersebut, dan merupakan bagian dari rotasi selama enam bulan yang  kedua setelah tahun lalu.

Menurut laporan news.com.au, Sabtu (20/4/2013) rotasi ini merupakan bagian dari penguatan kerjasama pertahanan AS-Australia  yang diumumkan oleh oleh Perdana Menteri Julia Gillard dan Presiden AS Barack Obama, pada bulan November 2011.

Stephen Smith mengatakan, nantinya bakal ada 2500 marinir di Australia pada musim kering 2016-2017. Namun pemerintah Australia belum lagi mengambil keputusan mengenai rotasi pasukan marinir AS yang lebih besar.

Menurut Smith,  dampak sosial dan ekonomi dari rotasi yang berlangsung tahun lalu menyimpulkan bahwa dampak sosial kedatangan pasukan AS ini  sangat kecil atau tidak terasa, sementara ada dampak ekonominya kecil yang positif.

Menurut pernyataan Smith, langkah berikutnya adalah mengakaji dampak atas penempatan sampai 1100 pasukan marinir di Australia Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com