Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandor Kebun di Yunani, Tembaki Buruh Migran

Kompas.com - 18/04/2013, 19:56 WIB

ATHENA, KOMPAS.com - Kepolisian Yunani, Kamis (18/4/2013), tengah mengejar seorang tiga orang mandor perkebunan yang diduga menembaki dan melukai lebih dari 20 orang pekerja migran di sebuah perkebunan strawberi.

Para mandor itu diduga melakukan penembakan pada Rabu (17/4/2013) ke arah kerumunan pekerja migran yang sebagian besar adalah warga Bangladesh yang menuntut gaji yang belum dibayarkan. Demikian penjelasan kepolisian.

Sejauh ini, kepolisian sudah menahan pemilik perkebunan yang terletak di kota Manolada. Namun, ketiga mandor yang melakukan penembakan masih buron.

Salah seorang pekerja migran yang ikut dalam aksi protes berujung penembakan itu kepada stasiun televisi Yunani, Skai TV, mengatakan mereka dijanjikan menerima gaji sebesar 22 euro atau hampir Rp 300.000 sehari.

"Mereka terus menjanjikan kami akan digaji dalam sebulan, dan janji ini berlangsung sudah lebih dari setahun," kata pekerja yang tak ingin disebutkan namanya itu.

"Kami tak membicarakan itu karena kami takut dibunuh atau diberhentikan," tambah dia.

Yunani adalah salah satu pintu masuk para migran Asia dan Afrika ke Eropa. Sebagian besar dari mereka yang mendapatkan pekerjaan di Yunani adalah imigran ilegal.  Lebih dari pekerja informal di Yunani adalah imigran.

Komisioner Hak Asasi Manusia Dewan Eropa, Nils Muiznieks mengatakan dia sangat prihatin dengan terus meningkatnya kekerasan bernuansa rasis di Yunani dan mendesak agar pemerintah lebih tegas menangani masalah seperti ini.

Sementara itu, juru bicara pemerintah Yunani, Simos Kedikoglou mengecam  aksi penembakan yang disebutnya serangan yang "tidak manusiawi".

"Aksi yang tak terduga dan memalukan ini bukan bagian dari etika bangsa Yunani," kata Simos.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com