Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah 8 Tahun Tewas di Ledakan Bom Boston

Kompas.com - 16/04/2013, 07:38 WIB

BOSTON, KOMPAS.com — Satu dari dua korban tewas dalam ledakan bom di Kota Boston, Amerika Serikat, adalah seorang bocah lelaki berusia 8 tahun, kata seorang aparat keamanan, yang dikutip Boston Globe, Senin (15/4/2013).

Sementara itu, RS anak-anak di Boston melaporkan, pihaknya juga merawat empat anak yang terluka, yakni anak perempuan berusia 9 tahun, bocah lelaki 7 tahun dan 12 tahun, serta seorang bayi 2 tahun. Setidaknya 125 orang mendapat perawatan di tujuh rumah sakit terdekat.

Seperti diberitakan, setidaknya dua ledakan mengguncang lokasi di dekat garis finis di Boston Marathon, di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Senin (15/4/2013) siang waktu setempat.

Ledakan terjadi berselang beberapa detik, terpisah di sisi berlawanan dari jalan. Produser CNN Matt Frucci melaporkan, ledakan pertama meninggalkan "segumpal besar asap" membumbung di kawasan tersebut, di sekitar Boston Copley Square. Jeda kedua ledakan, sebut dia, sekitar 10 detik.

Ledakan terjadi sekitar pukul 14.45 waktu setempat, sekitar dua jam setelah pelari pertama dari lomba lari maraton yang diikuti 27.000 orang ini menyentuh garis finis. Perlombaan langsung dihentikan, demikian juga layanan kereta bawah tanah menuju lokasi tersebut.

Saat ditanya apakah peristiwa itu merupakan serangan teroris, Komisaris Kepolisian Boston Edward F Davis mengatakan, "Kami belum memastikan hal itu saat ini, tetapi Anda bisa mengambil kesimpulan sendiri berdasarkan pada apa yang terjadi hari ini."

"Masih terlalu awal untuk menetapkan penyebab dan motivasi," begitu pernyataan resmi Kepolisian Boston.

Menurut Davis, belum ada tersangka yang ditangkap. "Kami masih memeriksa banyak orang, tapi belum ada yang ditahan saat ini," ujar dia.

Boston Marathon adalah pergelaran tahunan di ibu kota Massachusetts, Amerika Serikat, untuk memperingati Hari Patriot.

Di Boston, Hari Patriot dinyatakan sebagai hari libur. Peringatan ini untuk mengenang pertempuran pembuka Revolusi Amerika, yang berlangsung di Lexington dan Concord pada 19 April 1775. Hari libur dijadwalkan setiap hari Senin di tiap tahun yang paling dekat dengan 19 April. Pada hari itu, ajang Boston Marathon pasti digelar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com