Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamas Mulai Tangkapi Kolaborator Israel

Kompas.com - 14/04/2013, 05:17 WIB

GAZA CITY, KOMPAS.com - Aparat kemanan di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas, Sabtu (13/4/2013), mulai menangkapi para tersangka mata-mata Israel, setelah sebelumnya memberi waktu satu bulan kepada mereka untuk menyerahkan diri.

"Sejak kemarin (Jumat), kami sudah menahan beberapa mata-mata Israel," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Gaza, Islam Shahwan tanpa memberikan jumlah mata-mata yang ditahan.

Pada 12 Maret 2013, Hamas memberikan waktu selama satu bulan bagi para kolaborator Israel untuk menyerahkan diri dan akan mendapatkan keringanan hukuman.

Shahwan mengatakan dalam masa tenggang itu beberapa orang kolaborator menyerahkan diri untuk mendapatkan pengampunan atau keringanan hukuman. Namun, Shahwan enggan menyebutkan perlakuan terhadap para tersangka kolaborator yang menyerahkan diri itu.

Seorang pejabat Gaza mengatakan sebanyal lima atau enam tersangka kolaborator melarikan diri ke Israel, sebelum mereka berhasil ditahan.

Sesuai undang-undang Palestina, seseorang yang terbukti menjadi kolaborator Israel dijatuhi hukuman mati. Namun, semua eksekusi hukuman mati harus mendapat persetujuan presiden Palestina sebelum bisa dilaksanakan.

Namun, sejak Gaza dikuasai Hamas pada 2009, mereka tidak lagi mengakui legitimasi Presiden Mahmoud Abbas yang berasal dari kubu Fatah.

Dalam konflik delapan hari dengan Israel pada November tahun lalu, setidaknya tujuh orang ditembak mati setelah dituduh menjadi kolaborator Israel.

Setelah ditembak mati, enam dari tujuh jasad tersangka kolaborator itu kemudian diseret sepeda motor di jalanan kota Gaza.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com