Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Veteran Perang Macetkan Jalan di Abidjan

Kompas.com - 12/04/2013, 17:11 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Para veteran perang berunjuk rasa di ruas-ruas jalan di kota Abidjan, ibu kota Pantai Gading. Lantaran aksi itu, kemacetan pun tak terelakkan, tulis AP pada Jumat (12/4/2013).

Para veteran perang itu menuntut reintegrasi sosial ekonomi. Pasalnya, pascaperang saudara di Pantai Gading, impitan ekonomi pun merangsek ke segala lapisan kehidupan masyarakat. Para veteran ini cemas akan masa depan mereka.

Sementara itu, gara-gara unjuk rasa tersebut, kendaraan-kendaraan yang hendak masuk kota Abidjan dari arah luar kota pun terhambat. Petugas keamanan berupaya agar unjuk rasa tidak menjadi kendala berarti bagi lalu-lintas.

Periode berdarah di Pantai Gading berlangsung dua tahun sejak 2010. Waktu itu, perselisihan berujung pertikaian terjadi antara kubu mantan Presiden Laurent Gbagbo versus Presiden Alassane Oattara. Kekerasan itu menewaskan sedikitnya 3.000 orang.

Pemerintahan Ouattara saat ini memang menjalankan program reintegrasi bertajuk perlucutan senjata dan demobilisasi para mantan tentara dan kelompok bersenjata. Pemerintah menunjuk lembaga ADDR untuk menyelesaikan persoalan ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com