Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Jerman Terendah

Kompas.com - 11/04/2013, 18:58 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Sejak Maret 2012 sampai kini, Jerman mencatatkan inflasi di posisi 1,4 persen. Angka ini, tulis AP pada Kamis (11/4/2013), adalah yang terendah ketimbang catatan sampai dengan Desember 2010.

Adalah Kantor Statistik Federal (Destatis) yang merilis data teranyar ini. Menurut lembaga yang berbasis di Weisbaden ini, rendahnya inflasi selama masa itu merupakan sumbangan dari susutnya harga bahan bakar minyak sebesar 6,2 persen.

Inflasi merendah sudah keilhatan sejak awal tahun ini, kata Destatis. Sampai dengan akhir Januari 2013 misalnya, inflasi di posisi 1,7 persen. Lalu, angka itu melorot lagi di 1,5 persen pada akhir Februari 2013. Pada Maret, ada kenaikan 0,5 persen dibandingkan periode sama 2012.

Inflasi di Jerman, oleh Destatis disandingkan dengan harmonisasi indeks harga konsumen (HICP) yang acap dipakai untuk pembanding dengan negara-negara Eropa lainnya. Hasilnya, rata-rata inflasi Jerman pada Maret 2013 berada di angka 1,8 persen. Angka ini lebih rendah ketimbang angka Bank Sentral Eropa yang bertengger di posisi 2 persen.

Masih menurut Destatis, stabilitas harga dan pasar tenaga kerja membuat Jerman optimistik soal situasi finansial. Produk domestik bruto (PDB) Jerman diprediksikan bakal menanjak dari 0,7 persen pada 2013 menuju 1,6 persen pada 2014.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com