Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Jihad di Suriah "Sumpah Setia" kepada Al Qaeda

Kompas.com - 11/04/2013, 07:36 WIB

Pemimpin Front Al Nusra, kelompok jihad di Suriah, berjanji setia kepada pemimpin Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri. Abu Mohammed al-Jawlani mengatakan, sikap kelompok itu di Suriah tidak akan berubah.

Al Nusra mengklaim bertanggung jawab atas pengeboman bunuh diri dan serangan gerilyawan dengan sasaran kantor-kantor pemerintah. Hari Selasa (9/4/2013), Al Qaeda di Irak mengumumkan merger dengan Al Nusra, tetapi Jawlani mengatakan, ia belum dikonsultasikan soal ini.

Al Nusra dianggap sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat.

Debat di antara para pemimpin Barat tentang upaya mempersenjatai pemberontak di Suriah sering menimbulkan keprihatinan karena senjata-senjata ini dikhawatirkan akan sampai ke tangan kelompok-kelompok seperti Al Nusra. "Putra-putra Front Al Nusra berjanji setia kepada Sheikh Ayman al-Zawahiri," kata Jawlani dalam rekaman yang dikeluarkan Rabu (10/4/2013).

Pernyataan Al Nusra meyakinkan warga Suriah bahwa "sikap baik" yang ditunjukkan kelompok itu di lapangan tidak akan berubah, lapor wartawan BBC, Jim Muir. Jawlani mengatakan sumpah setia kepada Zawahiri ini tidak akan mengubah "apa pun dalam kebijakan mereka," kata Muir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com