Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Anjloknya Harga Emas Dunia

Kompas.com - 10/04/2013, 17:34 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Seperti sudah menjadi kelaziman, harga emas dunia anjlok pada Januari sampai dengan April tiap tahunnya. Para pelaku bisnis dan investasi berbasis emas, kata Direktur Bisnis II PT Pegadaian (Persero) Wasis Djuhar saat Diskusi Jurnalis Ekonomi Syariah bertajuk Untung Rugi Investasi Emas di Perbankan Syariah pada Rabu (10/4/2013). "Jadi anjloknya harga emas itu juga terjadi di Indonesia,"tutur pria yang mulai bekerja di Pegadaian sejak 1984 ini.

Menurut Djuhar, berbagai aspek bisa memengaruhi penurunan harga emas di dunia. "Instabilitas di Timur Tengah dan Eropa misalnya,"katanya.

Kendati begitu, penurunan tersebut relatif tidak terlalu tajam. Harga emas dunia, contohnya, pernah menyentuh 1.700 dollar AS per troy ounce. Beberapa waktu lalu, harga sudah mencapai 1.540 troy ounce. "Tapi, dalam masa itu harga emas turun terus,"ujarnya menekankan.

Di Indonesia, lanjut Wasis, harga emas logam mulia Aneka Tambang pada awal 2013 sampai kini sudah susut 5,6 persen. Tadinya, harga emas mencapai Rp 579.000 per gram. "Sekarang turun menjadi Rp 548.000 per gram,"demikian Wasis Djuhar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com