Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thatcher Wafat, Ratu Elizabeth Berduka

Kompas.com - 08/04/2013, 19:55 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Pihak Istana Buckingham menyatakan bahwa Ratu Elizabeth II bersedih ketika mendengar mantan Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher, meninggal dunia. Ratu akan mengirimkan ucapan duka langsung kepada pihak keluarga.

Hal itu disampaikan perwakilan Istana Buckingham seperti dilansir dari The Sun, Senin (8/4/2013). Perdana Menteri David Cameron juga menyatakan duka yang teramat dalam.

"Kesedihan yang luar biasa atas meninggalnya Lady Thatcher. Kita kehilangan pemimpin besar, perdana menteri, dan warga Inggris yang luar biasa," kata Cameron.

Thatcher yang bergelar Baronnes meninggal pada usia 87 tahun karena penyakit stroke yang dideritanya selama sepuluh tahun lebih. Dia menyusul suaminya, Denis Thatcher, yang meninggal pada usia 88 tahun pada tahun 2003.

Juru bicara Thatcher, Lord Bell, mengatakan bahwa putra dan putri "Si Wanita Besi", Mark dan Carol Thatcher, menyatakan, ibu mereka meninggal dengan damai. Sebelumnya, pada Senin pagi waktu setempat, Thatcher mendapat serangan stroke.

Thatcher kali pertama terkena stroke ringan pada 2001. Pada 2008, putrinya, Carol, menyatakan bahwa ibunya didiagnosis menderita demensia yang berdampak pada daya ingatnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com