Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istanbul Tuan Rumah Konferensi tentang Hutan

Kompas.com - 08/04/2013, 17:24 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Istanbul menjadi tuan rumah konferensi internasional tentang hutan. Dihelat sejak Senin (8/4/2013), konferensi yang dimotori oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu bakal berlangsung sampai dengan 19 April 2013. "Hadir 197 anggota dan negara-negara pengamat,"kata penyelenggara sebagaimana warta AP.

Agenda utam konferensi adalah pengukuran dan penerapan pengelolaan hutan berkesinambungan. Dalam kesempatan itu, Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan, Pejabat Sekretariat Jenderal PBB untuk Urusan Sosial dan Ekonomi Wu Hongbo dan 50 menteri kehutanan seluruh dunia ikut berpartisipasi.

Data PBB menunjukkan, kini 30 persen dari seluruh dunia adalah hutan. Hutan sebanyak itu mendukung kehidupan 1,6 miliar penduduk miskin dunia.

Namun begitu, sekarang, setiap tahun 13 juta hektare hutan raib lantaran perkembangan kehidupan manusia. Inggris mencatat angka terbesar tergerusnya hutan.

Sekarang, hutan makin memainkan peran penting mereduksi pemanasan global. Pasalnya, hutan pula yang menghisap emisi karbon dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com