Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angelina Jolie di Balik Proyek Sekolah Afganistan

Kompas.com - 05/04/2013, 19:09 WIB
Pieter P Gero

Penulis

LONDON, KOMPAS.com — Dana yang dihimpun siswa Pakistan, Malala Yousafzain, diperkirakan bisa membantu 40 remaja putri bersekolah. Malala adalah siswi yang ditembak kelompok Taliban di Afganistan karena berkampanye agar anak perempuan selayaknya mendapat pendidikan di sekolah.

Dana yang dihimpun Malala ini ternyata mendapat dukungan sponsor dari bintang Hollywood, Angelina Jolie. Kantor berita AFP hari Jumat (5/4/2013) melaporkan, Malala (15 tahun) mengumumkan bahwa dana dari proyek pertama ini akan membantu 40 remaja putri untuk bersekolah.

Dalam rekaman video yang dikirim dari Inggris ke Women in Wolrd Conference di New York, AS, Malala mengaku, berhasil menghimpun dana 45.000 dollar AS atau sekitar Rp 400 juta. Malala yang sempat dirawat dan dibedah di Inggris setelah kelompok Taliban menembak bus sekolah yang ditumpanginya pada Oktober lalu menyebutkan, dana ini dihimpun atas bantuan Jolie dan dua lembaga sosial perempuan. Dana ini akan mengirim 40 anak putri dari Afganistan bersekolah ke daerahnya di Swat Valley, Pakistan.

Para remaja putri ini berusia antara 5 tahun sampai 12 tahun. "Mengungkapkan jumlah dana dari Malala ini merupakan suatu hal yang sangat membahagiakan dalam hidup saya," ujarnya. "Mari kita mulai dari 40 anak putri menjadi 40 juta anak putri ke sekolah," tambahnya.

Jolie menegaskan, akan menyumbang hingga 200.000 dollar AS bagi dana Malala ini. "Dari sebuah tindakan brutal untuk membungkam suaranya, justru hal ini semakin menguatkan suara tadi," ujar Jolie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com