Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdagangan Ritel Zona Euro Turun

Kompas.com - 05/04/2013, 18:58 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Ketimbang Januari 2013, volume perdagangan ritel negara-negara zona euro pada Februari 2013 susut 0,3 persen. Eurostat sebagaimana warta AP pada Jumat (5/4/2013) mempublikasikan data tersebut di Brussels.

Namun begitu, rerata perbandingan bulan per bulan 27 negara Uni Eropa terbilang stabil. Perdagangan ritel di zone euro pada Februari dibandingkan dengan setahun silam berada di posisi 1,4 persen. Tapi, di zona euro, perbandingannya susut 0,2 persen.

Catatan itu menunjukkan kalau sektor makanan, minuman, dan produk tembakau naik 0,1 persen di zona euro. Sementara, di Uni Eropa komposisinya stabil.

Sementara itu di antara negara-negara Uni Eropa ada masing-masing 11 negara yang mengalami penurunan dan kenaikan harga. Penurunan harga tertinggi terjadi di Estonia sebanyak -2,6 persen. Berikutnya adalah Perancis (-2,2 persen), dan Slovenia (-2,0 persen).

Pada sisi lain, kenaikan harga tertinggi terjadi di Luksemburg (4,1 persen). Kemudian, Denmark dan Malta sama-sama mengalami kenaikan 1,5 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com