Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Pindahkan Rudalnya ke Pantai Timur

Kompas.com - 04/04/2013, 18:16 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Korea Utara (Korut), menurut informasi pihak Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel), sudah memindahkan misil jarak menengahnya ke kawasan pantai timur. Upaya itu dilakukan untuk mengetes tembakan peranti militer tersebut.

Menurut warta AP pada Kamis (4/4/2013), misil itu bukan KN-08. "Tetapi, misil tersebut bisa menyasar jarak signifikan," kata Menteri Pertahanan Korsel Kim Kwan-jin.

Menurut Kwan-jin, misil milik Korut itu bahkan bisa membidik daratan Amerika Serikat. "Tetapi, sekali lagi, misil itu bukan jenis KN-08," katanya.

Sebelumnya, koran Jepang Asahi mewartakan kalau satelit AS memergoki pergerakan sebuah kereta api pengangkut yang menuju ke kawasan pantai timur Korut. Pihak AS menduga kereta api itu membawa misil KN-08. Rudal jenis itu mampu membidik sasaran pada jarak 10.000 kilometer.

Sementara pihak intelijen Korsel, sebagaimana lansiran Yonhap, mengatakan, ada dugaan kalau misil Korut dimaksud adalah Musudan. Peluru kendali itu berdaya tempuh hingga 4.000 kilometer. Dengan ukuran tersebut, Musudan bisa menghantam fasilitas militer AS di Guam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com