Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Pasang Radar Canggih di Perairan Jepang

Kompas.com - 03/04/2013, 04:01 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Amerika Serikat, Selasa (2/4/2013), memasang sebuah radar canggih di lepas pantai Jepang, yang mampu melacak misil-misil Korea Utara. Selain itu, AS juga mengirim kapal perusak kedua ke perairan Korea Selatan.

Radar jenis Sea Based X-Band Radar (SBX) dirancang untuk melacak misil balistik dan mengirim data ke sebuah komando terpisah yang kemudian mengirimkan misil pencegat.

Juru bicara Pentagon, George Little, menekankan dikerahkannya sistem radar SBX sudah direncanakan dan tidak terkait memanasnya situasi di Semenanjung Korea.

"Pemasangan SBX adalah percobaan yang sudah dijadwalkan. Keputusan untuk pengerahan lebih lanjut radar ini belum diputuskan," kata Little.

"Sangat salah jika mengaitkan penempatan radar SBX dengan situasi di Semenanjung Korea saat ini," tambah Little.

Sebelumnya, Amerika Serikat memastikan sudah mengirim kapal perusak anti-misil USS John McCain ke perairan Korea. Ini adalah kapal perusak kedua yang dikirim ke perairan Korea setelah sebelumnya AS juga mengirim USS Fitzgerald.

Dalam beberapa hari belakangan ini, sejumlah peralatan tempur AS yang paling canggih sudah dikirim ke Korea Selatan. Selain dua kapal perusak, sejumlah pesawat tempur siluman F-22 Raptor juga dikirim ke Korea Selatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com